Jumat, 26 Oktober 2007

RESENSI BUKU EVALUASI PENDIDIKAN

Resensi Buku

Judul : Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan

Penulis : Prof. Dr. Suharsimi Arikunto

Penerbit : Bumi Aksara

Tahun : 1999

EVALUASI PENDIDIKAN

Kegiatan penilaian saat ini tampak berkembang dengan pesat terutama sejak diberlakukannya kurikulum tahun 1975. buku yang telah diberlakukan pada tahun 1975 ini sudah dilengkapai dengan buku pedoman penialaian, dengan memberikan petunjuk yang bersifat teknis dan memberikan arah yang jelas.

Tolok ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar mengajar. Padahal antara keduanya memiliki arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif). Sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk (kuantitatif). Adapun pengertian evaluiasi mencakup keduanya.

Buku yang akan saya resensi yaitu berjudul “Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan” tersebut telah diuraikan teori dasar tentang evaluasi pendidikan yang menjelaskan mulai pengertian evaluasi, bagaimana seorang pendidik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengkur hasil belajar peserta didiknya dan bagaimana cara menyusun alat ukur yang baik, prinsip dan alat evaluasi, masalah tes, validitas, reliabilitas, taksonomi, tujuan instruksional, tes standar dsn tes buatan guru, penyusunan tes, tes tertulis untuk prestasi belajar, table spesifikasi, menganalisis hasil tes, men-skor dan menilai, mengolah nilai, kedudukan siswa dalam kelompok, mencari nilai akhir, membuat laporan dan evaluasi program pengajaran.

Buku ini bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada calon guru maupun para guru yang sudah bertugas agar ada pegangan dalam bekerja.

Sebenarnya persoalan evaluasi pendidikan lebih luas dari sekedar evaluasi hasil belajar, sebab tugas pendidikan professional selain mengajar. Juga bertugas sebagai administrator. Maksudnya seorang pendidik juga memiliki tugas manajemen kepndidikan yang meliputi perencanaan pendidikan, pelaksanaan kegiatan kependidikan sampai melakukan kontroling/monitoring kegiatan kependidikan. Tegas mengontrol/monitor memiliki ruang lingkup keterampilan mengadakan evaluasi program kependidikan secara menyeluruh. Tidak hanya terbatas pada hal-hal yang terkait dengan tugas keguruan. Tidak terbatas pada pengembangan kecerdasan dan keterampilan melainkan kepribadian peserta didik secara menyeluruh.

Dalam buku ini dijelaskan yang dimaksud dengan evaluasi program adalah suatu rangakaian kegiatan yang dilakukan deangan sengaja untuk melihat tingkat keberhasilan program. Sedangkan pengertian program yaitu:

  1. rencana
  2. kegiatan yang direncanakan dengan seksama

adapun yang dimaksud dengan melakukan evaluasi program adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keberhasilan dari kegiatan yang direncanakan.

Berdasarkan uraian dalam buku yang berjudul “Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan” ini saya menilai bahwa buku tersebut sudah bagus karena didalamnya sudah sangat lengkap dan jelas uraiannya mulai dari pengertian evaluasi sampai kepada apa itu evaluasi program. Tetapi terdapat kekurangan yaitu tidak dicantumkannya profil pengarang untuk lebih mengetahui dengan jelas tentang apa yang ditulis.

Tidak ada komentar: